Cara Memilih Jam Tangan yang Ideal untuk Pria

jam tangan

Para pria mungkin cukup kesulitan untuk memilih jam tangan yang ideal. Hal tersebut bisa dimaklumi, karena saat ini ada banyak sekali jenis jam tangan mulai dari kasual, formal, hingga klasik. Pilihan jam tangan tentu didasari atas kebutuhan dan keperluan tertentu. Oleh karena itu artikel ini akan membahas bagaimana cara untuk memilih jam tangan yang ideal untuk pria.

 

Tips Memilih Jam Tangan Pria

Sebelum mengikuti tips di bawah ini, kita harus mengetahui kebutuhan jam tangan kita. Apakah untuk keperluan kasual seperti pertemuan dengan teman, kegiatan olah raga, atau untuk pergi bekerja.

Tentu kebutuhan tersebut akan berbeda dengan penggunaan jam tangan formal yang digunakan pada kegiatan resmi. Berikut tips dalam memilih jam tangan pria:

 

  1. Sesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan

 

Menyesuaikan ukuran jam tangan bisa kita lakukan menggunakan panduan berikut ini:

  • Jika memiliki lebar pergelangan tangan 15 hingga 17 cm, maka rekomendasi lebar jam tangan adalah 38 mm, 40 mm, dan 42 mm.
  • Jika memiliki lebar pergelangan tangan 19 hingga 20 cm, maka rekomendasi lebar jam tangan adalah 44 mm dan 46 mm.
  • Jika memiliki lebar pergelangan tangan 20 cm, maka rekomendasi lebar jam tangan adalah 48 mm dan 50 mm.

 

  1. Lebar dan jenis tali jam tangan

 

Lebar tali jam tangan juga mempengaruhi gaya kita dalam memakai jam. Selain itu berpengaruh juga pada kenyamanan kita ketika beraktivitas menggunakan jam tangan.

Jika ukuran arloji memiliki diameter yang besar, maka idealnya tali jam harus tebal. Begitu juga sebaliknya, jika arloji kecil gunakan tali jam yang tipis saja.

Jam tangan akan nyaman digunakan jika menggunakan jenis tali tang sesuai. Ada beragam jenis tali jam mulai dari kulit, stainless, rubber, maupun rantai titanium.

Gunakan jenis tali yang sesuai dengan arloji, bisa juga kita menggunakan jenis tali yang sesuai dengan outfit. Jangan lupa, jenis tali jam tersebut dibedakan lagi dalam kebutuhan untuk kegiatan formal atau yang kasual.

Baca juga : Profitable Bersama SOHO Poker, Bandar Poker Terpercaya Dan Bukan Abal-abal!

 

  1. Material jam

Sampai saat ini, mayoritas bahan jam tangan banyak menggunakan logam atau stainless steel. Karena bahan ini memiliki bahan yang bagus, kuat, serta tahan lama.

Material jam tangan ini tentu cocok bagi pria yang ingin memiliki kharisma dan kesan yang kuat. Namun jika merasa bahwa material stainless steel tidak cocok untuk kebutuhan, maka ada beberapa jenis bahan lain seperti rubber, kayu, dan logam campuran.

 

  1. Build quality jam tangan

 

Kita juga harus bisa memperhatikan konstruksi dari jam tangan yang ingin dipilih. Konstruksi tersebut penting karena berpengaruh pada build quality. Hal ini tentu harus memiliki kesesuain dengan karakteristik tangan kita.

Misalnya kita memiliki lengan kecil tapi memaksa menggunakan jam tangan dengan ukuran besar, tentu tidak cocok kan? Kita juga harus memeriksan bagian lain secara detail seperti lubang strap, apakah sudah rapi atau belum.

Kemudian jika ingin memiliki jam tangan stainless steel perhatikan juga buckle atau pengait jam sudah dirancang dengan rapi atau tidak. Jam tangan yang ideal bagi pria tentu harus memiliki build quality yang rapi dan kokoh dan pemasangan seluruh partnya sudah presisi.

Pemilihan jam tangan memang tidak mudah. Empat tips di atas akan membantu kita dalam memilih jam tangan yang ideal. Namun kita juga harus ingat, jam yang bagus dihasilkan oleh brand yang bagus juga.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk membeli jam original dengan harga yang cukup mahal. Karena jam dari brand ternama bisa dipastikan memiliki build quality yang bagus, sehingga tahan lama untuk kita gunakan.